MEDIA PROFILE
NET TV (MEDIA ELEKTRONIK)
SEJARAH BERDIRINYA NET TV
NET. (singkatan dari News and Entertainment
Television) adalah salah satu stasiun televisi swasta nasional di Indonesia yang
resmi diluncurkan pada 26 Mei 2013. NET.
menggantikan siaran terestrial Spacetoon yang
sebagian sahamnya telah diambil alih oleh Indika Group. Berbeda
dengan Spacetoon yang acaranya
ditujukan untuk anak-anak, program-program NET. ditujukan kepada keluarga dan
pemirsa muda.
Selain melalui
jaringan terestrial, NET. juga menyiarkan kontennya melalui saluran komunikasi
lain seperti jejaring sosial dan YouTube.
Program Grand Launching NET. ditayangkan secara
langsung pada tanggal 26 Mei 2013 pukul 19.00 WIB dan disiarkan secara streaming melalui Youtube dan website
resmi NET., dan acara Grand Launching
ini menampilkan penyanyi internasional seperti Carly Rae Jepsen, Taio Cruz dan juga
didukung oleh beberapa artis dalam negeri seperti Agnes Monica, Maudy Ayunda,Cherrybelle, Sm*sh, Noah, Raisa, Kahitna, Dewa19, Andien, Ungu, RezaRahardian, Andi Rianto dan
banyak lagi.
Pada tanggal 18
Mei 2014 NET. merayakan ulang tahun pertamanya yang bertajuk NET. ONE (Indonesian Choice Awards 2014) dengan
mengundang berbagai penyanyi internasional seperti Far East Movement dan Ne-Yo. Pada tanggal 24
Mei 2015, NET. merayakan ulang tahun keduanya dan mengundang penyanyi
internasional Demi
Lovato & Karmin.
Pada tahun
2012, PT. Net Mediatama
Indonesia (NET.) ingin membangun sebuah stasiun TV yang membawakan sebuah
revolusi media yang maju dan lebih modern. Pada pertengahan Maret 2013, PT. Net Mediatama
Indonesia mengakuisisi saham kepemilikan dari PT. Televisi Anak Spacetoon
(Spacetoon) yang sebagian sahamnya dialih oleh Indika Group sebesar
95% dari saham kepemilikan Spacetoon. Sesaat setelah akuisisi saham kepemilikan
Spacetoon ke NET., akhirnya pada Sabtu, 18 Mei 2013, siaran Spacetoon di
jaringan terrestrial menghilang dan digantikan oleh NET. yang memulai siaran
perdananya dengan menggunakan frekuensi milik Spacetoon di seluruh mantan
jaringan frekuensi Spacetoon di Indonesia.
NET. memulai
masa siaran percobaan selama satu pekan yang terhitung sejak Sabtu, 18 Mei 2013
sampai menjelang program Grand Launching
Media Revolution yang disiarkan secara live
pada Minggu, 26 Mei 2013 pukul 19.00 WIB, di Jakarta Convention Center,
Senayan, Jakarta Pusat. Masa siaran percobaan NET. disiarkan mulai dari pukul
05.00 WIB-24.00 WIB tanpa ada iklan komersial. Setelah selesai masa siaran
percobaan, jam tayang NET. diperpanjang dari pukul 04.00 WIB-02.00 WIB. Akan
tetapi, khusus selama bulan suci Ramadhan siaran
NET. menjadi 24 jam nonstop.
Seluruh
program-program dari Spacetoon Indonesia dirombak menjadi yang maju dan lebih
modern, akan tetapi NET. tetap menayangkan lima program kartun unggulan dari
Spacetoon yang disiarkan setiap Senin-Jumat mulai pukul 13.30 WIB-16.00 WIB
dengan nama "NET. Playground" atau "NETOON" yang saat ini
sudah tidak tayang lagi.
Pada 3 April
2015, NET. secara resmi menjadi sponsor utama tim sepak bola Persija Jakarta selama Liga QNB 2015. Sehari kemudian, tepatnya 4 April
2015, NET. juga menjadi sponsor utama Persib Bandung.
DATA
TEKNIS
Jangkauan jaringan dari NET TV adalah:
· NET. Jakarta - Jabodetabek,
sebagian Kabupaten
Serang, Kabupaten Lebak (Banten),
sebagian Kabupaten
Sukabumi,Kabupaten
Karawang (Jawa Barat)
· NET. Jawa Barat - Bandung Raya, sebagian Kabupaten
Sumedang, Kabupaten Cianjur, Kabupaten
Purwakarta,Kabupaten Subang (Jawa Barat)
· NET. Jawa Tengah - Kota Semarang, Kabupaten
Semarang, Kabupaten Kendal, Kota Salatiga, Kabupaten
Grobogan,Kabupaten Demak, Kabupaten Kudus, Kabupaten Pati,
sebagian Kabupaten
Rembang, Kabupaten Jepara, Kabupaten Blora (Jawa Tengah)
· NET. Yogyakarta - Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kabupaten
Gunungkidul, Kabupaten
Kulon Progo (Daerah Istimewa Yogyakarta), Kota Solo, Kabupaten
Sukoharjo, Kabupaten
Karanganyar, Kabupaten Sragen,Kabupaten
Boyolali, Kabupaten
Wonogiri, Kabupaten
Magelang, Kota Magelang, Kabupaten Klaten, Kabupaten
Purworejo, sebagian Kabupaten
Wonosobo, Kabupaten
Temanggung, Kabupaten Kebumen (Jawa
Tengah)
· NET. Cirebon - Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten
Indramayu, Kabupaten
Majalengka, Kabupaten
Kuningan
· NET. Priangan Timur - Kabupaten Garut, Kabupaten
Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kabupaten
Pangandaran, Kota Tasikmalaya, Kota Banjar (Jawa Barat)
PROFILE PEMILIK NET TV
Wishnutama Kusubandio (lahir 4 Mei 1976; umur 39
tahun) adalah salah satu pendiri PT. Net Mediatama atau dikenal dengan NET. Menyelesaikan
kuliah komunikasi di Mount Ida College Boston, Amerika Serikat, namun lebih
banyak mendapatkan ilmu pertelevisian dari Emerson College, Boston. Ia memulai
karier dari bawah sebagai Production Assistant di New EnglandCable News Amerika Serikat dan
menjadi Assistant Director On Air
Promotion di WHDH-TV, Boston. Wishnu juga
pernah mengenyam pendidikan di The Military College of Vermont, Norwich
University.
Pada
tahun 1994, ia pulang
ke Indonesia dan
bekerja di Indosiar sebagai Supervisor On Air Promotion. Setahun
kemudian pindah ke divisi produksi sebagai Producer
Director. Kariernya berkembang menjadi Executive
Producer News and Production Division, dan tak berapa lama kemudian
meningkat menjadi Production Manager.
Program-program yang dilahirkan selama di Indosiar antara lain Pesta, Gebyar
BCA, Patroli dan Saksi.
Tahun 2001, Ia pindah
ke Trans TV menjadi
Kepala Divisi Produksi. Tiga tahun kemudian, kariernya menanjak menjadi
Direktur Operasional, dan setahun berikutnya menjadi Wakil Direktur Utama. Pada
saat pengambilan saham mayoritas TV7 oleh kelompok usaha Para Group pada
tahun 2006, ia ditunjuk menjadi Direktur Utama TV7 yang kemudian berubah nama
menjadi Trans7. Dua tahun
kemudian, Wishnutama ditunjuk menjadi Direktur Utama Trans TV.
Program-program yang diproduksi di bawah kepemimpinan Wishnutama selama
di Trans
Corp antara lain Extravaganza, Dunia
Lain, Termehek-Mehek, Opera Van Java, Empat Mata, dan Indonesia Mencari Bakat.
Penghargaan
yang pernah dia raih baik skala nasional maupun Asia, antara lain
Asian Television Award dan Panasonic Awards. Ia juga
pernah terpilih menjadi The Best CEO in Indonesia 2010 pilihan majalah SWA. Di
luar karirnya di dunia broadcasting,
Tama masih sempat menyalurkan hobinya di bidang musik dengan membentuk dan
menjadi pemain Band Soulful Corp.
RATE CARD NET TV
Rate card
atau daftar harga iklan untuk sebuah stasiun televisi sangat jarang
dipublikasikan (tergantung dari masing-masing stasiun tv), kecuali kita sendiri
yang secara personal menghubungi pihak yang bersangkutan. Berikut adalah
rangkuman daftar harga iklan di televisi berdasarkan jam tayang untuk televisi
nasional:
Jam
00.00-05.00 biayanya sekitar Rp5.000.000,00 - Rp7.000.000,00 per 30 detik.
Jam
05.00-08.00 biayanya sekitar Rp7.000.000,00 - Rp9.500.000,00 per 30 detik.
Jam
08.00-12.00 biayanya sekitar Rp6.000.000,00 - Rp8.000.000,00 per 30
detik.
Jam
12.00-13.00 biayanya sekitar Rp7.000.000,00 - Rp9.500.000,00 per 30
detik.
Jam
13.00-17.00 biayanya sekitar Rp6.000.000,00 - Rp8.000.000,00 per 30
detik.
Jam
17.00-21.00 biayanya sekitar Rp12.000.000,00 - Rp14.000.000,00 per
30 detik.
Jam
21.00-00.00 biayanya sekitar Rp7.000.000,00 - Rp9.500.000,00 per 30
detik.
ANALISA MEDIA
Sebagai
stasiun televisi baru, NET TV yang dikenal dengan jargon Televisi Masa Kini
menyuguhkan program-program yang baru dan berbeda dengan televisi lain.
Rupanya, Wishnutama selaku CEO NET. ingin memberikan alternatif hiburan yang
berkualitas di Indonesia dengan memberi sesuatu yang berbeda. Hal inilah yang
dianggap menjadi salah satu cara pemasaran NET. yang memulai siaran pertamanya
pada Mei 2013 dan saat ini telah menjangkau 25 kota di Indonesia.
Setelah
menonton program-program yang ada di NET tv, terlihat mereka ingin menyajikan
ke rumah-rumah tontonan yang sehat, dan sepertinya itulah yang merupakan salah
satu nilai jual dari NET tv. Tujuannya yaitu, dengan menonton NET TV, penonton
akan terhibur dan orangtua tidak perlu khawatir bila anaknya akan disuguhi
tontonan yang tidak layak. Menurut saya, NET TV sejauh ini telah memberikan
hiburan yang aman dan inspiring.
Setelah
lebih dari setahun mengudara, respons
masyarakat sangat positif terhadap siaran NET TV. Wishnutama mengklaim,
pertumbuhan penonton NET TV mampu menembus ratusan persen. Selain penonton, pengiklan
juga sudah mulai tumbuh. Menurutnya, penonton yang berasal dari kalangan
terpelajar mengapresiasi program-program NET TV yang selama ini mereka tidak
dapatkan dari stasiun televisi dalam negeri. Program-program di NET TV di
antaranya adalah Indonesia
Bagus, Lentera Indonesia, Ini Talk Show, Sarah Sechan, The Comment, Tetangga
Masa Gitu?, dan sebaginya.
stasiun tv favorite deh
BalasHapusjuz 30